Skip to main content

Pentingnya Brand Guide Bagi Perusahaan

Image result for BRAND GUIDEPersaingan bisnis saat ini sudah begitu ketatnya, perhatikan saja, di ranah consumer goods, berapa banyak produk sejenis di super market misalnya, untuk produk shampoo, mungkinkah dalam tempo singkat Anda bisa mengingat semua merk shampoo ini? Clear, Sunsilk, Head n Shoulders, Zinc, Dove, Pantene, Life buoy, Recjoice, Emersin, Natur, Neril, Selsun, Metal Fortis, Herbal Esense  Saya yakin Anda hanya akan mengingat merk yang memang sedang Anda gunakan atau paling banyak 5 merk. 

Sadarkah Anda, didunia bisnis, apapun jenisnya, sebenarnya hanya ada satu brand yang akan cukup kuat muncul pertama kali di benak banyak orang,
terlepas sebagai pengguna atau tidak, Contoh : untuk air mineral ada Aqua, di margarine ada Blue Band, di susu ada Susu Bendera, bahkan ada percakapan seputar pompa air, begini : “Sanyonya merek apa gan?” Atau diseputar pasta gigi, bagini: “saya memakai odol merk Pepsoden!” Nah, betapa kuatnya Sanyo dan odol menjelma menjadi idiom di masyarakat awam. itulah yang kita sebut top of mind.

Bagaimana itu terjadi, tentu bukan kebetulan, kesadaran menjaga konsistensi serta menjalankan branding management dengan baiklah kuncinya. Terkadang ditahap awal begitu gencar melakukan sosialisasi, namun banyak perusahaan terkadang lupa memeliharanya. Padahal, pemeliharaan brand adalah hal yang sangat penting mengingat tidak saja brand adalah asset namun juga merupakan jati diri sebuah perusahaan. 

Salah satu elemen penting dalam pemeliharaan sebuah brand adalah konsistensi dari segi visual, yang dalam hal ini terwakili oleh brandmark dan brand application. Brandmark adalah simbol dari jiwa perusahaan. Visualisasi brandmark tak bisa dipandang sebelah mata mengingat keberhasilan brandmark tak lepas dari nilai-nilai, esensi, dan visi dan misi perusahaan Anda.

Ketika brandmark diciptakan dan sesuai, maka menjaganya dengan konsisten berarti juga menjaga kepercayaan konsumen, itu sebabnya brandmark tersebut berikut aplikasinya harus tetap konsisten. Untuk itu dibuatlah Brand guideline atau graphic standard manual(GSM). Bila Anda orang partai, atau aktifis organisasai, pastinya akan Anda temui aturan ketat (di AD-ART) tentang pembuatan papan nama, bendera atau atribut lain yang memuat symbol organisasi. Klausal tentang aturan symbol itulah Brand guideline. Dalam bisnis atau organisasi apapun panduan aplikasi brand sangatlah penting karena itu adalah kunci sukses, paling tidak motivator menuju sukses,
Konten Brand Guideline meliputi :

  • Brand Platform: Mejelaskan esensi brand (brand essence), brand promise, arahan image yang akan digunakan, serta filosofi brandmark. 
  • Basic Elements: Memuat berbagai aturan baku penggunaan sebuah brandmark, seperti ukuran, warna, dimensi, latar belakang peletakan brand, serta proporsi brandmark yang diletakkan pada berbagai macam aplikasi.
  • Application: Meliputi beragam media yang dapat digunakan dalam mengomunikasikan brandmark, seperti kartu nama, kop surat, amplop, seragam, brosur, billboard, dan sebagainya.

Dengan mengkomunikasikan brand Anda secara berkala dan konsisten, konsumen akan lebih mudah mengingat brand Anda. Mengelolah brand dengan baik akan menciptakan identitas yang kuat melekat dan langgeng di konsumen. Bahkan, hanya sekelebat melihat warna, bentuk, atau potongan jingle (audio), konsumen langsung mengingat brand Anda. Coca Cola adalah contoh betapa luar biasa bertahan selama beberapa dekade. Hanya melihat sekilas bentuk botol atau mendengar jingle-nya, kita segera menyadari kehadirannya, kapan pun dan dimana pun kita berada bukan?  

sumber : http://edoabdullahdesign.weebly.com

Comments

Popular Posts